TIPS MENGUKUR KEBUTUHAN TURBIN VENTILATOR

Ruangan yang sejuk merupakan ruangan yang diinginkan oleh semua orang. Dibutuhkan sirkulasi udara yang baik agar ruangan menjadi lebih sejuk. Salah satu cara untuk menjaga sirkulasi udara di ralam ruangan agar baik adalah dengan memasang ventilasi yang baik, exhaust fan, ataupun turbine ventilator. Agar suhu ruangan sama dengan di luar ruangan, sebuah ruangan membutuhkan pergantian udara denga volume 70-90 m3 per jam. Namun yang jadi masalah adalah, jendela dan pintu yang jarang terbuka, dan juga ventilasi yang kecil membuat udara di dalam ruangan menjadi panas.
Saat udara keluar masuk, sirkulasi hanya terjadi di bawah plafon. Udara yang panas akan terjebak di antara atap dan plafon. Karena tidak adanya celah untuk keluar, udara panas dari permukaan atap akan diradiasikan ke bawah dan hal ini membuat ruangan menjadi lebih panas. Untuk mengatasi masalah ini, biasanya dapat dengan menggunakan AC. Namun harga AC masih mahal dan membuguhkan daya listrik yang sangat besar, sehingga AC tidak disarankan untuk nyala lebih dari 10 jam.
Solusi lain yang dapat digunakan adalah dengan memasang turbine ventilator untuk mengurangi panas dan menyejukkan ruangan. Fungsi turbine ventilator ini sama dengan exhaust fan, hanya yang membedakan adalah biasanya ventilator lebih banyk digunakan pada Gedung pabrik, olahraga, dan ruangan dengan fungsi berat. Namun, saat ini sudah ada turbine ventilator untuk rumah.
Turbin ventilator bekerja dengan cara memanfaatkan tenaga angin, dan ventilator cukup efektif untuk mengeluarkan panas dari plafon. Ketika turbine ventilator berputar, udara di dalam ruangan akan tersedot keluar ruangan.
Untuk mengetahui tips mengukur kebutuhan ventilator, simak contoh perhitungan di bawah ini :
Tentukan volume ruang (panjang x lebar x tinggi).
Sebagai contoh ruangan dengan panjang 6 m, lebar 3 m, dan tinggi 4 m.
Tentukan volume atap (panjang x lebar x tinggi).
Jika tinggi atap 2 m, angka ini dibagi 2 karena atap rumah umumnya berbentuk segitiga. Hasilnya:
Volume ruang : 6 m x 3 m x 4 m = 72 m3
Volume atap : 6 m x 3 m x 2 m/2 = 18 m3
Total ruang = 90 m3
Jika Ventilator Cyclone berdiameter 45 cm, maka untuk ruang volume 90 m3 dibutuhkan 2 turbin Ventilator yang berdiameter 45 cm.
Demikianlah pembahasan mengenai turbine ventilator dan tips menghitung kebutuhan turbin ventilator. Kami menyediakan layanan Cyclone Turbin Ventilator yang bisa Anda konsultasikan kebutuhan Anda bersama dengan kami. Silakan hubungi kami 081 7938 7577, 081 2179 22281  untuk mendapatkan penawaran menarik.

Chat via WA
Call Now : 081398667778